6 Tips Maksimalkan Daftar Menu Untuk Naikkan Omset

  • 29 Maret 2019
  • 10:25
  • Kartu Menu

Membuat daftar menu mungkin terdengar seperti sebuah pekerjaan sepele dan tidak ada hubungannya dengan penjualan. 

Namun ditengah ketatnya persaingan bisnis kuliner saat ini, sebuah daftar menu bisa dimaksimalkan untuk meningkatkan omset penjualan dengan sedikit tips.

Apalagi, sebuah daftar menu juga memiliki dampak psikologis sebagai kesan pertama bagi konsumen. Hal ini bisa berujung pada peningkatan profit bisnis. Karena itu, jika hal semudah ini bisa berdampak meningkatkan penjualan..maka akan cukup sayang jika dilewatkan.

Berikut ini beberapa tips dalam membuat daftar menu untuk Anda yang bergerak di Industri kuliner dan yang berkaitan.

A. BUKU vs LEMBARAN

Nah, bila Anda menyiapkan anggaran yang tidak terlalu besar, menggunakan bentuk lembaran bukanlah sebuah masalah. Hanya saja, pastikan Anda menggunakan bahan yang apik. 

Bila memakai kertas, pilihlah material yang berkualitas dan lapisi dengan bahan yang kuat (seperti laminating misalnya). Boleh juga, Anda menyajikan daftar menu dalam lembaran yang lebih kreatif. Seperti contoh, Anda bisa menggunakan selembar papan kayu yang menjadi tren selama beberapa waktu terakhir.

Namun, bila Anda mempunyai anggaran yang cukup besar, daftar menu dalam bentuk buku jadi opsi yang lebih solutif. Pasalnya, bentuk buku dapat memuat lebih banyak menu untuk ditampilkan dan memiliki kesan yang lebih elegan.

B. GUNAKAN JENIS HURUF YANG MENARIK

Mendesain tipografi membutuhkan kombinasi antara skill dan rasa untuk memperoleh hasil yang tidak cuma bersifat estetis, melainkan juga efektif. Seandainya Anda tak berpengalaman dalam hal ini, gunakan jasa para desainer grafis yang mempunyai lebih banyak kompetensi dan jam terbang. Biaya yang sepatutnya Anda keluarkan malah bervariasi, tergantung dari penyedia jasa yang dipilih. Bila berkeinginan menyesuaikan dengan bujet, Anda bisa mengaplikasikan bantuan platform pencari kerja freelancing untuk menerima desainer grafis yang pantas dengan kriteria.

C. SIAPA TARGET PASAR ANDA

Contoh simpel: bandingkan antara buku menu yang ada pada kafe kekinian dengan segmen anak muda, depot atau rumah makan tradisional, dan cafe fine dining di hotel bintang 5. Masing-masing tentu mempunyai karakter yang berbeda, bukan, bagus dari segi tampilan luar ataupun desain di bagian dalamnya? Untuk itu, sesuaikan dengan karakter sasaran pasar yang Anda incar—apakah akan dihasilkan dengan konsep minimalis, trendi, rustic, klasik, elegan, dan lain-lain. Kesesuaian ini malah akan membantu meningkatkan engagement dengan konsumen.

D. TAMBAHKAN FOTO MAKANAN

Eksistensi foto di dalam sebuah daftar menu dapat meningkatkan penjualan hingga mencapai angka 30 persen. Hal ini amat rasional, mengingat dengan adanya gambar konsumen malahan akan memperoleh gambaran lebih terang mengenai sajian yang akan diorder.

Selain itu, gambar juga akan lebih meningkatkan nafsu makan konsumen. Hanya saja, pastikan bahwa gambar yang Anda tampilkan memiliki kualitas apik. Untuk hasil yang maksimal, jangan ragu untuk menggunakan jasa fotografer profesional apabila dibutuhkan. Sebisa mung

kin, hindari mengambil gambar dari sumber lain apalagi bila secara kwalitas (terpenting dari segi tampilan) menu yang Anda sajikan nantinya berbeda dengan apa yang ditunjukkan. Hal tersebut secara otomatis akan menjadi catatan buruk bagi konsumen yang akan berdampak pada keberlangsungan bisnis Anda dalam bentang panjang.

E. MEMBERI KETERANGAN YANG SINGKAT DAN JELAS

Pelayan Anda tak mungkin akan menjelaskan satu per satu setiap menu yang ditawarkan. Supaya lebih efisien, sertakan pula deskripsi menu pada daftar yang diberikan. Paling tak, Anda bisa memberikan kata kunci mengenai komposisi bahan yang diterapkan dalam sajian hal yang demikian sehingga konsumen akan lebih terbantu untuk memahami dan mengontrol ekspektasi walau tanpa gambar sekalipun.

Selain itu, jangan ragu untuk menambahkan keterangan harga untuk tiap-tiap menunya. Transparansi ini sangat diperlukan oleh konsumen sehingga mereka bisa menilai kesanggupan. Sertakan pula keterangan apakah harga yang diberikan telah termasuk dengan pajak atau belum sehingga tak akan menimbulkan ketidaknyamanan setelah pengerjaan transaksi pembayaran.

F. GUNAKAN APLIKASI DESAIN GRATIS

Seperti yang diceritakan sebelumnya, membikin sebuah daftar menu yang apik dapat menerapkan bantuan jasa desain grafis profesional. Pasalnya, mereka lebih mempunyai kompetensi dan pengalaman sehingga Anda tidak perlu terlalu memusingkan urusan desain. Walau demikian itu, tak ada salahnya jika Anda mau mencoba mendesain sendiri. Kini, ada banyak aplikasi yang dapat diterapkan secara mudah untuk menjadikan karya grafis yang apik dan menarik. Malah, beberapa software ini juga dapat diotak-atik mengaplikasikan hp (meski tentu saja, proses desain akan lebih maksimal kalau memakai komputer, tablet, atau laptop). Nah, demikianlah kiat mengenai metode membikin daftar menu yang dapat Anda terapkan. keseluruhan, pelaksanaan pembuatan ini tidaklah terlalu sulit, melainkan ada cukup banyak faktor kompleks yang perlu diperhatikan untuk mencapai hasil yang maksimal. Anda bahkan bebas memilih untuk memercayakannya kepada jasa desiner grafis yang profesional atau mencoba berkarya sendiri dengan bantuan aplikasi yang cukup sederhana.

Apabila Anda membutuhkan jasa cetak daftar menu untuk kebutuhan hotel, resto, kafe, spa dan lainnya, Anda bisa menghubungi DND Printing untuk membuat Daftar menu yang cantik dan elegan dengan harga terjangkau. Team kami akan dengan senang hati membantu Anda.


Hubungi Kami

Hubungi kami dan mari kita buat sesuatu yang hebat bersama. Mari kita ubah ide Anda menjadi produk yang lebih besar

info@dndprinting.com 085100976821 | 081237541661 | (0361)8445784

Dimana Anda Bisa Menemukan Kami?

Jalan Raya Canggu 101X, Kuta Utara, Badung, Bali - Indonesia 80365

Ikuti Kami